Nganggur – Ayu Cantika

, penyanyi dangdut koplo yang sedang naik daun, kembali hadir dengan lagu berjudul “Nganggur” di bawah label Mahesa Music. Lagu ini dengan cepat viral dan disukai banyak pendengar, khususnya mereka yang pernah merasakan pahitnya menjadi pengangguran. “Nganggur” mengusung tema yang realistis dan dekat dengan kehidupan sehari-hari, yakni tentang pengalaman mencari kerja dan perasaan yang menyertainya.

Lirik yang “Ngena” Bagi Pencari Kerja

“Nganggur” dibuka dengan lirik yang langsung mengena bagi para pencari kerja, “Abis kontrak aku nganggur” (Kontrak habis, aku menganggur). Lirik ini gamblang menggambarkan situasi yang dihadapi banyak orang, yaitu putusnya hubungan kerja dan harus kembali berjuang mencari pekerjaan baru.

Sepanjang lagu, Ayu Cantika bernyanyi tentang lika-liku proses pencarian kerja. Penggalan lirik “Kirim lamaran ora ono balasan” (Mengirim lamaran tapi tidak ada balasan) dan “Ngombe kopi ning pojokanan” (Ngopi di pinggir jalan) menggambarkan kecemasan dan kebosanan yang dialami para pencari kerja ketika lamaran mereka tak kunjung direspon.

Namun, “Nganggur” tidak hanya bercerita tentang kesedihan dan keputusasaan. Ada semangat positif yang terselip di dalamnya. Lirik “Semangat tetep kobar ora goyang” (Semangat tetap menyala, tidak goyah) dan “Senajan angel mesti tetep juang” (Meskipun sulit tetap harus berjuang) menegaskan bahwa pantang menyerah dalam mencari kerja. Sikap tegar dan optimis ini penting dimiliki para pencari kerja agar mereka bisa terus melangkah maju.

Ayu Cantika yang Enerjik

Ayu Cantika membawakan lagu “Nganggur” dengan gaya khasnya yang enerjik. Meskipun liriknya bercerita tentang pengangguran yang biasanya identik dengan kesedihan, irama dangdut koplo yang cepat dan dinamis membuat lagu ini tetap asyik didengar. Suara Ayu Cantika yang ceria dan bersemangat juga menambah semangat positif dalam lagu ini.

Lebih dari Sekedar Hiburan

“Nganggur” bukan hanya sebuah lagu dangdut koplo yang menghibur. Lagu ini juga menjadi representasi suara para pencari kerja di Indonesia. Melalui liriknya, Ayu Cantika menyuarakan pengalaman dan perasaan yang dialami banyak orang ketika mencari pekerjaan. Di samping itu, “Nganggur” juga memberikan semangat dan motivasi kepada para pencari kerja agar tetap berjuang menggapai impian mereka.

Fenomena “Nganggur” di Youtube

“Nganggur” telah diunggah di kanal YouTube Mahesa Music dan telah ditonton jutaan kali. Banyak penonton yang memberikan komentar positif tentang lagu ini. Mereka merasa lagu ini sangat “ngena” (menyentuh) dan mencerminkan pengalaman mereka sendiri ketika mencari kerja. Fenomena ini menunjukkan bahwa “Nganggur” berhasil mencuri perhatian penonton karena tema yang diangkatnya sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Lirik♫

Pancene mung pengangguran
durung ono penghasilan
isuk turu sore ngopi wengine dolan
Sementara durung kerjo
durung wani nyanding tresno
wedine yen dipaido morotuo
Terus arep nganti kapan
aku urip dewean
umume menungso urip sesandingan
Gusti lewat tembangku iki
Dedungo mugo oleh seng gemati

Janji janji bakal tak tresnani
tak jogo selawase tekane mati

You might also like