Niken Salindry – LESTARI

Di tengah keberagaman musik Indonesia, lagu-lagu yang mengangkat nuansa lokal dan kearifan budaya sering kali menjadi daya tarik tersendiri bagi pendengar. Salah satu contoh yang mencuri perhatian adalah lagu “LESTARI” yang dinyanyikan oleh dalam versi Kembar Campursari. Lagu ini tidak hanya menghadirkan melodi yang merdu, tetapi juga membawa pesan tentang kecintaan pada tradisi dan nilai-nilai kehidupan.

### Latar Belakang Lagu “LESTARI”

“LESTARI” merupakan sebuah lagu yang menggabungkan genre campursari dengan sentuhan modern. Campursari sendiri adalah musik tradisional Jawa yang kaya akan unsur-unsur budaya lokal, seperti gamelan, kendang, dan suling. Niken Salindry, dengan gaya bermusiknya yang khas, mampu menghadirkan lagu ini dengan pengarahan musik yang menggugah dan lirik yang penuh makna.

### Makna dan Lirik Lagu

Lirik “LESTARI” membawa pendengar untuk merenungkan tentang pentingnya menjaga dan melestarikan budaya serta nilai-nilai yang telah ditinggalkan nenek moyang. Kata-kata dalam lirik menyampaikan pesan tentang cinta yang sejati terhadap tradisi, dan rasa bangga terhadap warisan budaya yang kaya di Indonesia. Penggunaan bahasa yang indah dan bersahaja membuat lagu ini mudah diresapi dan bermakna bagi pendengarnya.

### Melodi dan Aransemen

Aransemen “LESTARI” menonjolkan keindahan musik campursari dengan alunan gamelan yang khas dan kendang yang menghentak. Suling yang mengiringi juga memberikan nuansa yang tenang dan syahdu. Penggunaan instrumen tradisional ini tidak hanya menghidupkan kembali nuansa masa lalu, tetapi juga menunjukkan bahwa musik campursari tetap relevan dan mampu bersaing dalam ranah musik modern.

### Kehadiran Video Musik Resmi

Video musik resmi “LESTARI” juga memperkuat pesan yang ingin disampaikan oleh lagu ini. Dengan menghadirkan visualisasi tentang keindahan alam Indonesia, kegiatan tradisional, dan masyarakat lokal, video ini tidak hanya sekadar pelengkap visual, tetapi juga sebagai penunjuk arah untuk menyampaikan pesan keberlanjutan dan kecintaan terhadap budaya.

### Tanggapan dari Pendengar dan Penggemar Musik

“LESTARI” mendapat sambutan hangat dari pendengar dan penggemar musik, terutama mereka yang menghargai nilai-nilai tradisional dan kearifan lokal. Banyak yang merasa terinspirasi untuk lebih mendalami dan melestarikan budaya Indonesia setelah mendengarkan lagu ini. Keberhasilan ini juga tercermin dari popularitas lagu ini di platform streaming musik dan penampilannya di berbagai acara musik tradisional maupun modern.

### Kontribusi Terhadap Budaya Indonesia

Karya seperti “LESTARI” tidak hanya sebagai lagu semata, tetapi juga sebagai representasi dari kekayaan budaya Indonesia yang perlu dilestarikan. Musik campursari sebagai bagian dari warisan budaya Indonesia dapat terus berkembang dan diapresiasi oleh generasi muda, sehingga nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya dapat terus hidup dan diwariskan dari generasi ke generasi.

### Kesimpulan

“Lagu LESTARI” oleh Niken Salindry dalam versi Kembar Campursari adalah contoh bagaimana musik dapat menjadi media untuk mengangkat dan melestarikan nilai-nilai budaya lokal. Dengan melodi yang merdu, lirik yang penuh makna, serta aransemen yang memikat, lagu ini tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan inspirasi untuk lebih mencintai dan memahami kekayaan budaya Indonesia. Semoga karya-karya seperti “LESTARI” terus mengalir dan memberikan kontribusi positif dalam mengangkat martabat musik tradisional Indonesia di tingkat nasional maupun internasional.

Lirik :
Sang Dewi Katon Nglamlami
Ambabar Wewangi Semi
Arum Kembange Melathi
Dhasar Wulane Ndadari

Citramu Setya Rumeksa Nala
Sasat Abyoring Kartika
Kadya Puspita Ing Nendra
Hanjangkepi Tresna

Rasa Tresna Kang Sejati Manggiha Lestari
Angidung Tembang Suci
Nyengsemi Sakjroning Sepi

Cahyamu Amadhangi Saratri
Dadya Kembange Ati
Angen Angenku Lelana Tawang
Mideri Tanpa Wangenan
Lumaku Nembus Marang Kabagyan
Banget Manis Sinawang
Wong Manis Sing Tak Sayang

You might also like