Mula Macenning Cappa’ Makessing – Abi Rafdi

Lagu “Mula Macenning Cappa' Makessing” karya mungkin telah menjadi lagu Bugis viral yang mencuri perhatian banyak orang. Tidak hanya di kalangan masyarakat Bugis, lagu ini mungkin juga digemari oleh pendengar dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan mancanegara. Rahasia di balik kepopulerannya mungkin terletak pada liriknya yang puitis, melodinya yang syahdu, dan makna yang terkandung di dalamnya.

Lirik yang Penuh Perasaan

“Mula Macenning Cappa' Makessing” memiliki lirik berbahasa Bugis yang indah dan penuh perasaan. Lirik lagu ini mungkin menggambarkan perasaan rindu dan cinta yang mendalam. Bait pembuka lagu ini langsung menegaskan hal tersebut:

Rimula Engka Ki' Utuju Mata
Mammula Toni Cinnaku' Rialeta Utiro Deceng Pole
Rimabelae Urampe Tokki' Ripannawa Nawa
Teppaja Usenge' Riesso Wenni Cenning Cawa Mu Tabbjo

(Sejak dulu engkau selalu ada di pandangan mataku
Kau selalu ada di dalam hatiku, takkan pernah lekang
Senyummu selalu terbayang, membuatku rindu
Ingin kuungkapkan rindu ini, namun malu karena belum pantas)

Lirik tersebut mungkin bercerita tentang seseorang yang diam-diam memendam perasaan cinta. Ia selalu memperhatikan sang pujaan hati, namun perasaan malunya membuatnya belum berani mengungkapkan isi hatinya.

Ungkapan Hati yang Tulus

Di bagian reffrain, perasaan rindu tersebut semakin kuat:

Mula Macenning Cappa' Makessing Pada Uleng Nge Na Mammuare'
Tosiallampereng Sunge' To Siamaseang Atikku Tabbulu
Ni Mappoji Kanja' Maja Ilulu Maneng Ngi Tekku Wisseng Ngi Pasiaseng
Maneng Ngi Deceng Na Peddi' Pada Pada Toni To Mabbismillah

(Mulailah mekar bunga cintaku, padamu ingin kusampaikan
Meskipun diriku belum mapan, harapanku kau takkan menolak
Berikan aku kesempatan untuk membuktikan cintaku
Dengan menyebut nama Allah, bismillah)

Lirik reffrain ini mungkin merupakan puncak dari perasaan yang selama ini dipendam. Sang pria akhirnya memberanikan diri untuk mengungkapkan cintanya. Ia mungkin tidak memiliki harta yang melimpah, namun ketulusan cintanya yang ia tawarkan.

Musik yang Syahdu

“Mula Macenning Cappa' Makessing” diiringi musik yang syahdu dan mendayu-dayu. Alunan melodinya mungkin membuat suasana hati pendengarnya menjadi terbawa perasaan. Kombinasi antara lirik yang puitis dan musik yang syahdu inilah mungkin yang membuat lagu ini begitu menyentuh hati.

Video Klip yang Mendukung

Video klip “Mula Macenning Cappa' Makessing” mungkin juga turut berperan dalam kesuksesan lagu ini. Video tersebut mungkin menampilkan pemandangan alam Sulawesi Selatan yang indah dan membuat suasana lagu semakin syahdu. Selain itu, kisah cinta yang sederhana yang diceritakan dalam video klip mungkin membuat lagu ini lebih mudah dipahami dan dirasakan oleh para penonton.

Lebih dari Sekedar Lagu Cinta

“Mula Macenning Cappa' Makessing” mungkin lebih dari sekedar lagu cinta. Lagu ini mungkin juga mengajarkan tentang pentingnya keberanian dalam mengungkapkan perasaan. Meskipun mungkin merasa belum pantas atau tidak memiliki harta yang melimpah, namun ketulusan cinta yang dimiliki perlu untuk disampaikan.

Warisan Budaya Bugis

Kepopuleran “Mula Macenning Cappa' Makessing” mungkin juga memberikan dampak positif terhadap pelestarian budaya Bugis. Lagu ini mungkin membuat masyarakat semakin tertarik untuk mengenal bahasa dan budaya Bugis. Selain itu, lagu ini mungkin juga menginspirasi para musisi Bugis lainnya untuk terus berkarya dan memperkenalkan budaya Bugis ke kan

You might also like