TRABAS – Pusma Shakira ft. Dini Kurnia

Industri musik Indonesia terus menghadirkan berbagai genre dan kolaborasi yang menarik perhatian pendengar. Salah satu karya yang mencuri perhatian adalah lagu “TRABAS” yang dibawakan oleh feat. . Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi makna, nuansa, serta pesan yang terkandung dalam lagu ini, serta bagaimana video musiknya mengkomunikasikan esensi dari karya tersebut.

Profil Pusma Shakira dan Dini Kurnia
Sebelum masuk ke dalam lagu “TRABAS”, penting untuk mengenal sedikit tentang Pusma Shakira dan Dini Kurnia. Pusma Shakira dikenal sebagai seorang penyanyi yang memiliki gaya musik yang unik dan energik. Sementara itu, Dini Kurnia adalah seorang rapper dan musisi yang aktif dalam menghadirkan karya-karya yang berbeda dan bernuansa positif.

Menelusuri Makna “TRABAS”
Lagu “TRABAS” tidak hanya sekadar lagu, tetapi juga mengandung pesan tentang semangat persaudaraan, kebersamaan, dan optimisme. Kata “trabas” sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti “perjalanan bersama-sama”. Dalam konteks lagu ini, “trabas” menggambarkan perjalanan hidup yang penuh tantangan dan rintangan, namun dapat diatasi dengan semangat persatuan dan kebersamaan.

Nuansa Musik dan Kolaborasi
Kolaborasi antara Pusma Shakira dan Dini Kurnia dalam “TRABAS” menciptakan paduan suara yang menarik antara vokal yang enerjik dan rap yang bersemangat. Musik yang diiringi dengan alunan yang berirama dan upbeat, menciptakan atmosfer yang mengundang pendengar untuk ikut serta dalam perjalanan yang dihadirkan oleh lagu ini. Instrumen musik yang digunakan turut memberikan warna yang khas dan memperkuat pesan optimisme dan semangat.

Pesan dalam Lirik
Lirik-lirik dalam “TRABAS” mengandung pesan-pesan positif tentang menghadapi tantangan bersama-sama dan tidak pernah menyerah dalam mencapai tujuan. Kata-kata seperti “bersama kita bisa”, “tak perlu ragu”, dan “mari kita terus berjuang” menciptakan semangat untuk terus maju dan berkolaborasi dalam mengatasi setiap rintangan yang ada di depan.

Video Musik Resmi
Video musik resmi untuk “TRABAS” turut memainkan peran penting dalam menguatkan narasi lagu ini. Dengan penggunaan setting yang menarik dan dinamis, video ini memvisualisasikan perjalanan dan semangat persatuan yang ingin disampaikan oleh lagu. Pengambilan gambar yang dramatis dan pencahayaan yang disesuaikan dengan nuansa musik, menambahkan dimensi visual yang mendukung pengalaman mendengar lagu ini.

Resonansi dengan Pendengar
“TRABAS” bukan hanya sekadar lagu untuk dinikmati, tetapi juga untuk dihayati oleh pendengarnya. Pesan tentang semangat persatuan dan optimisme dalam menghadapi tantangan hidup mampu menjangkau hati dan pikiran banyak orang. Lagu ini mengundang pendengar untuk merenungkan peran penting kebersamaan dan semangat persaudaraan dalam mencapai tujuan bersama.

Signifikansi dalam Industri Musik
Kehadiran lagu “TRABAS” oleh Pusma Shakira feat. Dini Kurnia menunjukkan bahwa musik tidak hanya sebagai hiburan semata, tetapi juga sebagai alat untuk menyampaikan pesan positif dan membangun koneksi emosional dengan audiensnya. Kolaborasi antara dua seniman ini tidak hanya berhasil menghadirkan karya yang bermakna, tetapi juga menginspirasi pendengar untuk lebih menghargai kebersamaan dan semangat persatuan dalam kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan
“Lagu “TRABAS” oleh Pusma Shakira feat. Dini Kurnia adalah sebuah contoh yang baik bagaimana musik mampu menyatukan berbagai elemen untuk menyampaikan pesan positif. Dengan lirik yang membangkitkan semangat dan musik yang enerjik, lagu ini berhasil merangkul pendengar dalam perjalanan hidup yang penuh tantangan namun diwarnai dengan semangat persaudaraan. Keberhasilan kolaborasi antara Pusma Shakira dan Dini Kurnia dalam “TRABAS” menegaskan bahwa musik adalah bahasa universal yang dapat menginspirasi, menghibur, dan menghadirkan kesatuan di antara beragam latar belakang pendengar.

Lyric :

Tresno tanpo restu wong tuwo
Mergo kahananku sing ora sepiro
Yen di pekso dadi keloro
Aku milih ngalah karo wong tuwo

Tibo tangi nganti babras
Merjuangke restu seng angel di trabas
Aku nyobo wani nrabas
Akhire aku malah babak bundas

Aku tresno karo kowe
Nanging pripun malih
Yen keadaane koyo ngene
Bapak ibu mu ora setuju
Yen kowe ro aku kudu menyatu

Ojo nangisi kabeh kahanan iki
Kudu kok trimo masio ra dadi siji
Aku berjuang ben iso dadi siji
Nyatane crito iki kudu dimareni

Titip salamku marang bapak ibumu
Kudu tak trimo masio raoleh restu
Dungo apikku marang bapak ibumu
Tetep tak kirim masio ra dadi mantu

Nyatane bapak ibumu ora setuju

You might also like