Ilmu Padi

Judul lagu “ILMU PADI – SHAUN THE SHEEP – HAPPY PARTY LAPAS COMMUNITY – GABUS PATI” pertama kali dibaca mungkin akan menimbulkan beberapa pertanyaan. Kombinasi tersebut terlihat aneh dan membingungkan. Namun, di balik judul yang unik itu terdapat sebuah fenomena menarik dalam dunia dangdut koplo di Indonesia.

“ILMU PADI DINDA TERATU” adalah nama sebuah organisasi atau komunitas dangdut koplo. Kemungkinan besar, “Dinda Teratu” merupakan julukan atau panggilan untuk penyanyi atau artis dangdut koplo yang bernaung di organisasi tersebut.

Sementara “SHAUN THE SHEEP” adalah animasi Inggris yang menceritakan petualangan seekor domba bernama Shaun dan teman-temannya. Munculnya nama Shaun the Sheep dalam judul lagu ini tentu menimbulkan rasa penasaran.

Ternyata, penggunaan nama karakter animasi tersebut merujuk pada konsep panggung atau tata visual yang digunakan dalam pertunjukan. Kemungkinan besar, panggung dihiasi dengan gambar atau boneka berbentuk Shaun the Sheep, atau bahkan ada pemain pendukung yang mengenakan kostum Shaun the Sheep untuk menambah kemeriahan pertunjukan.

Konsep panggung dengan karakter animasi ini merupakan salah satu ciri khas dari “ILMU PADI DINDA TERATU”. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton, khususnya anak-anak.

Selanjutnya, “HAPPY PARTY LAPAS COMMUNITY” mengacu pada penyelenggara atau peserta pesta tersebut. “Lapas” dalam bahasa Indonesia berarti lembaga pemasyarakatan (LP). Jadi, kemungkinan besar “HAPPY PARTY LAPAS COMMUNITY” merujuk pada komunitas atau warga sekitar lembaga pemasyarakatan yang menyelenggarakan pesta tersebut.

Terakhir, “GABUS PATI” menunjukkan lokasi dimana pesta tersebut diadakan. Gabus adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Dengan demikian, judul lengkap “ILMU PADI DINDA TERATU – SHAUN THE SHEEP – HAPPY PARTY LAPAS COMMUNITY – GABUS PATI” memberikan informasi yang cukup lengkap tentang sebuah pertunjukan dangdut koplo. Mulai dari penyelenggara (ILMU PADI DINDA TERATU), konsep panggung (SHAUN THE SHEEP), peserta (HAPPY PARTY LAPAS COMMUNITY), hingga lokasi (GABUS PATI).

Warto diperhatikan bahwa fenomena ini menunjukkan beberapa hal yang menarik tentang dangdut koplo di Indonesia. Pertama, dangdut koplo memiliki fleksibilitas yang tinggi dalam penciptaan konsep pementasan. Penggunaan karakter animasi seperti Shaun the Sheep menunjukkan keberanian para pemain dangdut koplo untuk mengeluar dari zona nyaman dan mencari cara baru untuk menghibur penonton.

Kedua, dangdut koplo memiliki kedekatan dengan masyarakat setempat. Dilihat dari judul lagunya, penyelenggaraan pesta ini berkaitan dengan komunitas warga sekitar lembaga pemasyarakatan. Hal ini menunjukkan bahwa dangdut koplo sering hadir di tengah masyarakat dan menjadi

♫ Lyrics ♫ ( Ilmu Padi )

Song 1
Sugihmu titipane gusti
Pangkatmu ora njamen surgamu
Dalane menungso kui pancen bedo bedo
Masio urip ning donyo disawang sesisih moto

Song 2
Mung wong cilik dayane rasepiro
Luru sandang pangan we rekoso
Budal esuk nganti wengi tak rewangi nibo nangi
Kabeh tak lakoni kanti iklas ati

Bridge
Orausah mikir gengsi
Ora gagas kanan kiri
Sak mampune sak madyone

Reff
Ora ono wong sukses tanpo rekoso
Oraono wong sugih tanpo kerjo
Madep mantep marang gusti hasile tak pikir keri
Kuncine tetep nganggo ilmu padi

You might also like